Senin, 03 Januari 2011

Evakuasi korban longsor di Dusun Mundon, Desa Tancep, Ngawen







KLATEN - Satu warga Dukuh Mundon, Desa Tancep, Kecamatan  Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tewas tertimbun longsor di rumahnya. Korban bernama Sugito (60), belum berhasil dievakuasi oleh petugas.

Kejadian bermula saat hujan deras mengguyur wilayah yang berbatasan dengan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten sekira pukul 16.00 WIB. Akibatnya sebuah bukit diatas desa longsor.

Sebanyak dua rumah tertimbun material longsoran, satu rumah diantaranya bahkan sudah hilang tertimbun. Sugito yang saat itu berada pada salah satu rumah tidak sempat menyelamatkan diri saat material longsoran datang.

Camat Cawas, Priharsanto mengatakan Desa Mundon juga terkena dampak longsor, yaitu aliran lumpur yang cukup tinggi menggenangi wilayah desa. "Ada dua kepala keluarga yang tinggal di tempat rawan. Tapi sekarang sudah diungsikan," ujarnya, Minggu (2/1/2011) malam.

Saat ini tim gabungan dari SAR, Kesbangpolinmas, dan PMI serta masyarakat setempat masih berusaha mengevakuasi korban. Namun karena hujan yang terus mengguyur kegiatan tersebut sedikit terhambat.
(Nazarudin Latief/Koran SI/fer)