Kamis, 02 Desember 2010

KLATEN - Tiga Kecamatan di Klaten, yang dilalui Kali Woro, yaitu Kecamatan Kemalang, Maningrenggo, Karangnongko terancam terkena banjir lahar dingin.

Pihak Pemkab setempat meminta untuk segera mengosongkan warga yang tinggal di radius 300 meter dari kali woro, menyusul banjir lahar dingin ke sungai yang berhulu ke Merapi ini semakin menggila.

"Kondisi cuaca yang tidak menentu di puncak  Merapi, memiliki andil besar terjadinya banjir  lahar dingin. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami sudah mengirimkan surat kepada camat di tiga kecamatan tersebut, untuk  mengkosongkan radius 300 meter dari Kali  Woro," jelas Kepala Kesbanglinmas Klaten, Sri  Winoto, kepada wartawan, Rabu (1/12/2010). 
Menurut Sri Winoto, dasar surat tersebut menyusul  instruksi langsung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang meminta agar  sepanjang aliran Kali Woro untuk disterilkan dari  aktivitas penambangan manual dan berat serta warga.
Sri Winoto juga meminta kepada perangkat desa untuk menenangkan warganya agar tidak panik, menyusul banjir lahar dingin yang sudah  terjadi tiga hari ini. Terutama yang tinggal berdekatan dengan Kali Woro, di Desa Talun, Kecamatan Kemalang, Klaten. Pihaknya telah mensiagakan evakuasi bila sewaktu-waktu Kali Woro meluap dan mengancam 125 jiwa warga yang tinggal berdekatan dengan kali tersebut.