Minggu, 14 November 2010

Radius Aman Magelang dan Klaten Turun


JAKARTA, Kompas.com
 - Kini radius aman letusan Gunung Merapi berubah untuk Kabupaten Boyolali, Magelang, dan Klaten. Radius aman Merapi kini menurun untuk tiga kabupaten tersebut, Sabtu (13/10/2010).

Beberapa hari ini status radius aman Merapi adalah 20 kilometer, sekarang berubah, kecuali untuk Kabupaten Sleman Yogyakarta. Menurut staf khusus presiden bidang sosial dan bencana, Andi Arif, dalam akun twitternya menjelaskan bahwa perubahan status radius tersebut di antaranya Boyolali 10 kilometer, Magelang 15 kilometer, dan Klaten 10 kilometer..

"Status merapi tetap: Awas Merapi! Sleman tetap pada radius 20 kilometer," ujarnya.

Pertimbangan perubahan radius aman merapi di tiga kabupaten Jawa Tengah tersebut di antaranya, awan panas dari Puncak Gunung Merapi. Saat ini sudah diketahui bila jarak luncuran awan panas di Kabupaten Sleman kali Gendol 14 kilometer jauhnya, Magelang kali Bebeng jaraknya 11,5 kilometer, Boyolali kali Apu 4 kilometer, dan Klaten kali Woro 7 kilometer.

Meskipun demikian, berdasarkan hasil pemantauan instrumental dan visual pada 13 November 2010 dari pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB, menunjukkan aktivitas Gunung Merapi masih tinggi. Dengan kondisi tersebut, maka status aktivitas Gunung Merapi pada tingkat Awas (level 4)
.
Sumber: Kompas